Rabu, 27 Agustus 2014

Fungsi Kognitif Jung dan Penerapannya dalam MBTI

Artikel ini berisi penjelasan mengenai fungsi kognitif Jung yang digunakan dalam MBTI (Myers-Briggs Type Indicator).
Seperti kita ketahui, dalam setiap 16 tipe MBTI, masing-masing memiliki order fungsi kognitif sendiri, dari dominant, secondary, tertiary sampai inferior function. Lalu apa saja fungsi-fungsi tersebut dan bagaimana fungsi tersebut menjelaskan gambaran diri kita? Simak penjelasan di bawah ini.
Se (Sensing Ekstrovert)

Extraverted Sensing mengambil dan menyerap informasi sensorik dari lingkungan terdekat - semua yang dapat dilihat, didengar, disentuh, berbau, dan terasa. Orang yang menggunakan Se sangat peka terhadap lingkungan mereka dan apa yang orang di sekitar mereka lakukan. Pengguna Se juga menyukai aktivitas fisik dan mengikuti dorongan insting mereka. Mereka memiliki prinsip "sekarang adalah waktu terbaik" dan sering fokus pada pemecahan masalah dengan mengambil tindakan langsung. Fungsi Se mengevaluasi sesuatu berdasarkan penampilan luar dan kesan yang terlihat, dan kurang memperhatikan apa yang terjadi di balik layar. Mereka memiliki pengamatan yang tajam dangan menggunakan kelima inderanya, biasanya mereka selalu berpakaian terbaik dan up to date dengan mode dan tren terbaru. Orang-orang Se ini juga memiliki keinginan untuk mengetahui tentang peristiwa terkini, seperti apa yang terjadi dalam berita sekarang. Yang jelas, kebanyakan mereka melakukan sesuatu dengan cara mempraktekan langsung. 
 Profesi yang mungkin sesuai dengan pengguna Se:
 Atlet, musisi, pemadam kebakaran, tentara, pilot, penari, bintang rock, binaragawan, penghibur, dll

Si (Sensing Introvert)

Untuk memahami perbedaan antara Se dan Si, pikirkan Si sebagai "Sense yang terkontrol". Si mengamati beberapa detail dan mulai membandingkan apakah ini yang sesuai atau sama seperti di masa lalu. Sebuah analogi sempurna untuk menjelaskan Si adalah memegang sebuah foto kota masa kini di sebelah foto kota yang sama tahun 1950-an. Pengguna Si menyimpan informasi dan mencoba untuk mengingatnya persis seperti apa yang mereka sudah simpan. Pengguna Si ini sangat terampil dengan rincian, peraturan, dan fakta. Karena mereka memiliki hubungan yang kuat dengan masa lalu, mereka sering mempertahankan tradisi dan adat istiadat, karena takut bahwa rutinitas yang telah membuat masyarakat berjalan selama ini mungkin akan hancur jika tidak ada orang lain menjaganya. Si mengikuti aturan karena mereka menghargai stabilitas dan metode yang sudah terbukti berhasil. 
 Profesi yang mungkin sesuai dengan pengguna Si:
 Pegawai pemerintah, penjaga keamanan, akuntan, administrator, pengawas, pengangkut kendaraan, inspektur keamanan, polisi, dokter/ perawat, dll

 Ne (iNtuition Extrovert)

iNtuitive Extrovert tertarik dengan kemungkinan-kemungkinan baru, bagi mereka semakin tinggi jumlah kemungkinan yang berbeda, maka situasi akan menjadi lebih menarik. Ne memiliki jutaan ide melayang-layang di kepala mereka, mereka kesulitan bertahan dengan satu ide selama jangka waktu yang panjang, sehingga mereka sering disalah artikan sebagai "orang tak bertujuan". Namun, kreativitas dan imajinasi menginspirasi mereka untuk muncul dengan ide-ide yang sangat unik. "Paling beda" adalah kata-kata andalan mereka, yang lebih original, out-of-the box, dan sesuatu yang baru, akan semakin baik. Mereka sangat bersemangat ketika memulai fase awal suatu pekerjaan, tetapi lebih memilih untuk membiarkan orang lain mengengerjakan detail yang ia tinggalkan ditengah-tengah pekerjaan yang masih berjalan. Pengguna Ne melihat masa depan seperti banyak kemungkinan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, mereka biasanya dikenal sebagai "sang penemu jalan keluar" karena biasanya orang lain sudah berpikir bahwa semua kemungkinan telah habis. 
 Profesi yang mungkin sesuai dengan pengguna Ne:
 Aktor, komedian, penemu, pengusaha, pencipta acara TV, sutradara film, dll.

 Ni (iNtuition Introvert)

iNtuitive Introverted kebalikan dari Ne. Ni cenderung mencari suatu jalan keluar dan cenderung menerapkan proses eliminasi ide-ide. Daripada menciptakan ide-ide baru, Ni mencoba menghubungkan ide-ide yang sudah ada. Oleh karena itu, kreativitas mereka sering berputar di sekitar masalah inti saja. Sehingga, wajar bagi pengguna Ni untuk sejenak melepaskan diri dari lingkungan mereka dan mulai membaca pola atau tren, sering disalah artikan dengan melamun. Mereka mencoba menebak apa yang orang lain pikir dan lakukan untuk kemudian menyadari apa yang mendasarinya, seringkali diakhiri dengan momen "Aha!". Mereka mengekspresikan konsep mereka melalui simbol-simbol, gambar, dan analogi. Orang Ni biasanya sanggup membayangkan apa yang terjadi dimasa depan, sehingga terampil dalam mengambil keputusan jangka panjang. Kemampuan mereka untuk merencanakan masa depan tak tertandingi, tetapi mereka biasanya lupa untuk menikmati “momen” saat ini. 
 Profesi yang mungkin sesuai dengan pengguna Ni:
 Psikolog, filsuf, peramal, penulis fiksi, ekonom, peramal cuaca, dll.

 Te (Thinking Ekstrovert)

Thinking Ekstrovert mencari sesuatu jalan keluar dengan menggunakan prosedur yang paling efektif dan efisien. Te selalu menempatkan sesuatu dalam urutan-urutan, dan melihat apakah ada sesuatu yang bekerja secara efisien. Te akan bertanya APAKAH komputer ini bekerja? daripada MENGAPA komputer itu tidak bekerja. Te tidak peduli dengan penggunaan bahasa yang tepat, asalkan makna yang dikomunikasikan efektif. Te ini adalah fungsi yang sangat efisien dan praktis, percaya bahwa jika keadaan menguntungkan, maka semuanya Ok. Jika Te ingin memastikan mereka memahami sesuatu, mereka akan mengacu pada skor tes yang telah ia ambil, contoh Toefl, Toiec, dll daripada bertanya pada diri sendiri apakah mereka benar-benar memahaminya. Ketika berbicara cenderung keras dan akan semakin keras ketika mereka bicara lebih banyak, intonasi bahasa mereka cenderung terus menerus dan tanpa basa basi, dan mereka memiliki ekspresi wajah tegas. 
 Profesi yang mungkin sesuai dengan pengguna Te:
 Pengacara, eksekutif, pengacara, pengusaha, hakim, instruktur, direktur, konduktor, manajer, CEO, dll.

 Ti (Thinking Introvert)

Thinking Introvert jauh lebih pribadi dan subjektif jika dibandingkan Te karena individu yang menggunakan Ti ingin memiliki pemahaman pribadi, harus masuk akal bagi orang itu sendiri, padahal hal-hal tersebut telah terbukti sebagai fakta umum. Untuk Ti, pemahaman mereka tentang sesuatu haruslah jelas. Mereka tidak peduli tentang seberapa efektif dan efisien ide-idenya karena mereka memang ingin mengetahui bagaimana suatu benda dapat bekerja. Jika Te ingin memastikan produk akan terjual dengan baik, Ti justru bertanya-tanya apakah produk ini benar benar kokoh, telah diproduksi, dan dirancang dengan baik. Ketika berbicara mereka terlihat lebih tenang, mereka menyampaikan informasi sedikit demi sedikit, dan memiliki ekspresi lebih santai daripada pengguna Te. 
 Profesi yang mungkin sesuai dengan pengguna Ti:
 Reparator (komputer, kendaraan, rumah), arsitek, mekanik, pekerja konstruksi, desainer game, matematikawan, ilmuwan, dll.

 Fe (Feeling Ekstrovert)

Feeling Ekstrovert berfokus kepada nilai-nilai dan perasaan orang-orang disekitarnya. Emosi mereka sendiri sangat dipengaruhi oleh suasana emosional dan emosi orang disekitarnya. Jika orang lain mengalami hari yang buruk, mereka juga mengalami hari yang buruk. Ketika bertanya tentang apakah hal ini etis untuk dilakukan, mereka mengacu pada norma-norma sosial - apa yang orang lain terapkan. Jika mereka telah melakukan sesuatu yang tidak bermoral, acuan terkuat mereka bukanlah apa yang mereka rasakan, tetapi apakah orang-orang di sekitar mereka akan bereaksi setuju atau tidak. Mereka ingin rekan-rekan mereka setuju dengan pendapat mereka dan mungkin merasa buruk jika orang lain tidak setuju. Tetapi karena mereka lebih sadar akan perasaan orang lain daripada pengguna Fi, mereka sangat baik dalam melakukan atau mengatakan hal-hal yang memberikan orang perasaan positif.Pengguna Fe adalah jenis orang yang dapat disebut sebagai "orang yang menyenangkan". Ekspresi wajah mereka sangat animatif. 
 Profesi yang mungkin sesuai dengan pengguna Fe:
 Guru, host, pengasuh, diplomat, politisi, penjual, resepsionis, pelayan/ pramusaji.

 Fi (Feeling Introvert)

Feeling Introvert pada dasarnya seperti perasaan "dari dalam". Mereka yang menggunakan fungsi ini memiliki perasaan yang lebih tersembunyi dari luar, kurang jelas dalam mengeskpresikan perasaannya dan hanya dapat berbagi perasaan mereka yang sebenarnya dengan teman-teman dekat dan anggota keluarga. Untuk memutuskan apakah sesuatu itu bermoral, mereka hanya bertanya pada diri sendiri bagaimana yang mereka rasakan. Jadi, jika semua orang berpikir bahwa makan coklat tidak apa-apa, tapi mereka merasa bahwa itu salah, mereka akan memiliki masalah pribadi ketika melihat orang makan coklat dan memutuskan untuk tidak makan sendiri. Mereka tidak ekspresif seperti pengguna Fe. Jika Fe adalah pengguna ekspresi langsung, Fi adalah ekspresi tidak langsung. Alih-alih mengatakan "pekerjaan yang hebat, anda luar biasa!" mereka akan memberikan acungan jempol dengan senyum yang tulus. Mereka juga fokus pada perasaan individu daripada perasaan kelompok. Ekspresi wajah mereka tertahan dan sering memberikan kesan kebanggaan diri.
 Profesi yang mungkin sesuai dengan pengguna Fi:
 Seniman, penyair, komposer, terapis, konselor, penulis, ahli patologi wicara, fotografer.

 Pengguna disini berdasarkan fungsi penyusun masing-masing type MBTI. Semakin kuat (dominan) fungsi tersebut, akan semakin berpengaruh terhadap pemiliknya, begitupula sebaliknya. Susunannya adalah sebagai berikut :
  
The Guardians
ESTJ - Te>Si>Ne>Fi
 ISTJ - Si>Te>Fi>Ne
 ESFJ - Fe>Si>Ne>Ti
 ISFJ - Si>Fe>Ti>Ne

 The Artisans
 ESTP - Se>Ti>Fe>Ni
 ISTP - Ti>Se>Ni>Fe
 ESFP - Se>Fi>Te>Ni
 ISFP - Fi>Se>Ni>Te

 The Idealist
 ENFJ - Fe>Ni>Se>Ti
 INFJ - Ni>Fe>Ti>Se
 ENFP - Ne>Fi>Te>Si
 INFP - Fi>Ne>Si>Te

 The Rationalists
 ENTJ - Te>Ni>Se>Fi
 INTJ - Ni>Te>Fi>Se
 ENTP - Ne>Ti>Fe>Si
 INTP - Ti>Ne>Si>Fe


Penjelasan di atas saya dapatkan dari salah satu forum di Kaskus. Semoga mampu membantu kawan-kawan yang ingin memahami diri sendiri.

1 komentar:

  1. Find your next gaming night at a table near you! - Dr.
    The Harrah's Las Vegas casino 태백 출장샵 is now open. Get details on where 충주 출장샵 to 공주 출장샵 find your next gaming 양산 출장마사지 night at a 남원 출장마사지 table near you!

    BalasHapus